Penyuluhan Pengelohan Bawang Merah Untuk Menambah Nilai Ekonomi

Authors

Keywords:

penyuluhan, pengolahan, bawang merah, nilai ekonomi

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditi hortikultura yang termasuk ke dalam sayuran rempah yang digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan guna menambah citrarasa dan kenikmatan masakan, di Desa Panembong hasil pertanian bawang merah begitu sangat melimpah yang mencapai 7 ribu ton persekali panen, artikel ini menjelaskan tentang program pengabdian masyarakat khususnya pada penyuluhan pegelohan hasil pertanian bawang merah menjadi bawang goreng guna membuat nilai ekonomi pada hasil pertanian bawang merah, kegiatan tim Universitas Garut 2018 di Desa Panembong, Kecamatan Bayongbong, Garut. Metode yang obervatif dan studi dukumentasi. Analisis yang dilakukan berfokus pada hasil pengelohan data data angka yang diinterpretasikan dengan fenomena banyak hasil bawang merah yang tidak lolos pasar tetapi sangat layak untuk dikonsumsi. Analisis mengahasilkan penyelesaian masalah berupa, penyuluhan dan pendidikan masyarakat dan pelatihan pada produk unggulan desa. Beberapa program yang dilakukan adalah obervasi pertanian, pelatihan pembuatan bawang merah goreng dari bawang merah yang tidak lolos pasar, edukasi masyarakat terhadap perencanaan dan pemasaran yang efektif untuk produk hasil pertanian. Program tersebut diharapkan dapat turut membantu menyelesaikan masalah banyaknya bawang merah yang tidak lolos pasar di Desa Panembong. Selain itu, artikel ini juga menjelaskan pentingnya masyarakat atau ibu – Ibu PKK  tau bagaimana menggolah hasil pertanian agar lebih mempunyai nilai ekonomi.

References

Akbar, G. G., Hermawan, Y., & Yulian, F. A. (n.d.). Pengaruh Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Di Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD)-Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik. Retrieved from http://journal.uniga.ac.id/index.php/JPKP/article/view/138

Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. (2018). Strategi Pemasaran. (Pertama). Garut: Universitas Garut.

Bahua, M. I. (2018). Peran Kompetensi Penyuluh Pertanian pada Keterampilan Petani Bawang Merah. Agriekonomika, 7(2), 112–119.

Futri, C. L., & Yanti, S. (2020). Penyuluhan Penggunaan Obat Tradisional di Desa Manegen. Jurnal Education And Development, 8(1), 15.

Hamdani, N. A., & Ramdhani, A. (2019). Manajemen Strategis. Bandung: Karima

Hayati, L., Hapipi, H., & Azmi, S. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak Tinkerplots Untuk Analisis Data Eksploratif Pada Pembelajaran Statistika Bagi Guru-Guru Matematika Smp/Sma Di Gunung Sari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Kania, I. & Adnan, I. Z. (2007).Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelaksanaan peran Gender dalam Industri Kecil Rumah Tangga Kabupaten Garut”. Jurnal Ilmiah Gender, (http://www.wri.or.id).

Kania, I. Susilawati, W., & Mulyana, T. (2018). IBM Pemberdayaan Pengusaha Keripik Endog Lewo Dengan Perbaikan Produksi Dan Manajemen Usaha Di Desa Sukajaya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(1). 1271-1286.

Iriany, I. S., & Pasciana, R. (2017). The Improvement Of High Education Quality In Indonesia Through The Character Education. Journal Of Educational Experts, 2(1), 15-26.

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publi, 11 (1), 13-21.

Susanti, E., Sa’diyah, A. A., & Suwasono, S. (2018). Analisis Komparasi Proses Penyuluhan Pertanian Terhadap Usahatani Bawang Merah Di Desa Torongrejo Kota Batu. Fakultas Pertanian, 7(1).

Wulandari, A., Alamanda, D. T., & Djatmiko. (n.d.). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Pendidikan Telkom. Jurnal Banking Dan Manajemen Review Ekuitas, 1(1).

Pedoman Buku Pengabdian UPI 2016

Downloads

Published

2020-05-05