Pelatihan Public Speaking

Authors

  • Miman Nurdiaman miman
  • Rostiena Pasciana
  • Imas Astri Mustakiah

Keywords:

Public Speaking, Komunikasi, pelatihan

Abstract

Peran pemuda sangat dibutuhkann pada perkembangan saat ini maupun masa yang akan mendatang, namun saat ini banyak pemuda yang masih malu dan tidak npercaya diri untuk berbicara didepan umum , oleh karenanya dibutuhkan latihan tentang public speaking agar mereka mengetahui pentingnya keterampilan sehingga dapat terbiasa berbicara di depan umum. Dengan adanya pelatihan mengenai public speaking diharapkan pemuda mampu mengungkapkan apa yang ingin dia sampaikan. Pelatihan public speaking  di dimulai harus dari sejak dini agar terbiasa dalam menyampaikan/mengungkapkan informasi di khalayak banyak orang. Oleh karena itu tim FISIP UNIGA berinisiatif untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak di Desa Cintarasa. Public speaking  bertujuan untuk melatih atau mengasah kemampuan anak-anak berbicara di depan khalayak ramai, memupuk rasa percaya diri anak-anak, mengajarkan anak-anak untuk berekspresi dan mengungkapkan apa yang ingin dia sampaikan, melatih anak-anak secara bertahap mampu menjadi leader untuk dirinya sendiri dan bagi teman-temannya. Pelatihan public speaking  diikuti oleh kelas 6 SDN 2 Cintarasa. Kegiatan ini diikuti oleh semua murid kelas 6 dengan mengikuti lomba membaca puisi. Latihan public speaking dan persiapan lomba membaca puisi dilakukan di posko. Dalam kegiatan ini metode yang dilakukan beragam dan tidak monoton. Pelatihan public speaking mengajarkan anak-anak mulai dari mengenalkan diri sampai mengeluarkan pendapatnya.

References

Alamanda, D. T., & Ramdhani, A. (2018). Strategi Pemasaran. Garut: Universitas Garut.
Bulandari, P. H., Santosa, H. P., Yulianto, M., & Naryoso, A. (2015). Public Speaking Ability Analysis of Traffic Police Officer In Socialization Traffic Rule in resort Ungaran, Kabupaten Semarang. Interaksi Online, 3(2).
Hakim, M. A. R. (2016). Pengembangan Materi Bahan Ajar Public Speaking Berbasis Communicative Language Teaching Bagi Mahasiswa Di Indonesia. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 229–238. https://doi.org/10.1161/MHJ.V4I3.187
Hamdani, N. A., & Ramdhani, A. (2019). Teori Organisasi. Bandung: Karima.
Hasyim, M., & Irwan, w D. (2014). Pelatihan Public Speaking Pada Remaja Dan Anak-Anak Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. AJIE (Asian Journal Of Innovation and Entrepreneurship, 3(2), 96–100. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7813
Kania, I. & Adnan, I. Z. (2007).Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelaksanaan peran Gender dalam Industri Kecil Rumah Tangga Kabupaten Garut”. Jurnal Ilmiah Gender, (Http://www.wri.or.id).
Kurniawan, A. W. (2018). Pengaruh kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kepuasan kerja, motivasi kerja, dan kinerja karyawan Bank Sulselbar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 16(4), 391–408.
Prayoga, D. D., Kurniawan, A. W., Adnan, I. Z., & Nurhadi, Z. F. (2018). Komunikasi Militer Pada Remaja Dalam Mengambil Keputusan Menjadi Prajurit Tni-Ad Di Korem 062 Tarumanagara Garut. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(1), 32. https://doi.org/10.25124/liski.v4i1.1248
Sirait, C. B. (2007). The power of public speaking: kiat sukses berbicara di depan publik. Gramedia Pustaka Utama.
Steven, A., Beebe, S., Streich, R., & McLaughlin, E. (2009). Public speaking: An audience centered approach.
Sumrahadi, Azis, E., Respati, N. P., Kania, I., & Rahmadhanty, A. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, dan Turnover Intention pada Karyawan Perusahaan Penyedia Jasa Konsultasi Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 2(1), 1–16.

Downloads

Published

2020-05-05