Mengadakan Penyuluhan Mengenai Penggunaan Obat Tradisional

Authors

  • Sartibi Bin Hasyim sartibi
  • Yudi Triana Wahyudi
  • Hasbi Shiddiq Fauzan

Keywords:

pengobatan tradisional, penyuluhan, tumbuhan

Abstract

Pengobatan tradisional merupakan salah satu unsur budaya yang selama ini tumbuh, berkembang dan diakui masyarakat secara turun temurun, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Dengan tumbuhan yang melimpah masyarakat dapat memanfaatkan tumbuhan di sekitar sebagai obat tradisional,  dengan adanya tumbuhan yang melimpah di desa Giriawas Kecamatan Cikajang, tim FISIP UNIGA mengadakan penyuluhan mengenai pengobatan tradisional kepada masyarakat sekitar agar masyarakat dapat mengetahui bahwa tumbuhan dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Penyuluhan tentang pengobatan tradisional ini melibatkan  masyarakat yang berada di Desa Giriawas Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Sebelumnya kita menanyakan dahulu kepada masyarakat mengenai tumbuhan yang dapat di manfaatkan untuk obat tradisional, dengan melakukan wawancara secara singkat tentang tumbuhan yang dapat dijadikan obat tradisional dan mengenalkan berbagai macam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional. Tumbuhan tersebut di antaranya: bawang putih, bawang tropong (bawang daun), pisang raja, jambu, sawi, kubis,kunyit, jahe, jagung dll. Dari hasil wawancara dan penyuluhan masih banyak masyarakat belum paham tentang tumbuhan yang dapat dijadikan obat tradisonal. Oleh karena itu tim FISIP UNIGA mengadakan seminar tentang penyuluhan obat tradisionl. Tujuan penyuluhan dilakukan agar masyarakat Desa Giriawas Kecamatan Cikajang lebih memahami manfaat obat tradisional.

References

Afidah, N. N. (2019). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Sasindo Unpam. In PROCEEDINGS (Vol. 1).
Alamanda, D. T., Anggadwita, G., Ramdhani, A., Putri, M. K., & Susilawati, W. (2019). Kahoot!: A Game-Based Learning Tool as an Effective Medium to Improve Students' Achievement in Rural Areas. Opening Up Education for Inclusivity Across Digital Economies and Societies (hal. 191-208). IGI Global.
Futri, C. L., & Yanti, S. (2020). Penyuluhan Penggunaan Obat Tradisional di Desa Manegen. Jurnal Education and Development, 8(1), 15.
Hamdani, N. A., & Ramdhani, A. (2019). Teori Organisasi. Bandung: Karima.
Nugraha, S. P. (2015). Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 58–62.
Sari, L. O. R. K. (2012). Pemanfaatan obat tradisional dengan pertimbangan manfaat dan keamanannya. Pharmaceutical Sciences and Research (PSR), 3(1), 1–7.
Thomas, A. N. S. (1989). Tanaman obat tradisional (Vol. 1). Kanisius.
Vera, Y., & Yanti, S. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Dan Obat Tradisional Indonesia Untuk Pencegahan Dan Penanggulangan Penyakit Hipertensi Di Desa Salam Bue. Jurnal Education and Development, 8(1), 11.
Yathurramadhan, H., & Yanti, S. (2020). Penyuluhan Penggunaan Obat Tradisional di Desa Sigulang. Jurnal Education and Development, 8(1), 4.
Dokumen:
Undang-Undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 48

Downloads

Published

2020-05-05